Jaringan internet 4G LTE milik operator Telkomsel telah merambah seluruh wilayah kabupaten di Provinsi Gorontalo. Dengan layanan ini diharapkan ada percepatan pembangunan dan membuka isolasi komunikasi di wilayah Gorontalo.

“Seluruh kabupaten sudah terlayani teknologi 4G, kami terus memantapkan layanan teknologi ini. Bahkan untuk wilayah Kabupaten Buol di Sulawesi Tengah dan tiga kabupaten di Sulawesi Utara, Bolaang Mongondow, Bolmut dan Bolsel juga sudah terlayani,” kata Anton Mahendra, Branch Manager Telkomsel Gorontalo.Yang masih menjadi kendala adalah layanan di Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango. Kecamatan ini berada di tengah hutan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Jarak Kecamatan Pinogu ke kecamatan lain terdekat sekitar 30 km. Selama ini masyarakat menempuh jalan kaki atau naik ojek menyusuri kawasan hutan. Bila musim hujan, “jalan” di hutan ini menjadi kubangan lumpur yang hanya bisa ditembus oleh ojek yang sudah berpengalaman.

Akibat keadaan yang demikian ini kawasan enclave Pinogu nyaris tidak bisa ditembus dengan cepat.

“Untuk ke sana membawa peralatan idealnya menggunakan helikopter,” kata Muhammad Nuryadin, Manager Network Service Telkomsel Gorontalo.

Sementara untuk Kecamatan Paguyaman Pantai di Kabupaten Boalemo akan segera dibangun untuk mengatasi keterisoliran daerah ini.

Sumber :http://tekno.kompas.com/read/2017/09/20/10310057/internet-4g-lte-telkomsel-rambah-gorontalo