Sudah sekitar 3 hari setelah tulisan ini di muat, kami menemukan salah satu provider internet terbesar di Indonesia mengelami kendala internet. Apakah itu benar terjadi pada diri anda sendiri atau semua orang?

Kami melakukan beberapa research dan menemukan bahwa terjadi banyak packet loss di beberapa hop point dari Indihome. hal ini mungkin terjadi karena ada link fiber optic yang putus dan memaksa Indihome untuk memakai link backup mereka, atau performa perangkat aktif jaringan mereka mengalami kendala.

Selain itu, kami juga menemukan route Indihome setelah Jakarta malah balik menuju Jawa Barat. Sebagai catatan, Jakarta adalah salah satu simpul utama untuk internet di Indonesia. Tapi anehnya, kenapa harus kembali ke Jawa Barat baru kemudian ke luar Indonesia (Singapura)? Hal ini sedikit aneh menurut kami.

Dampak dari packet loss tersebut adalah, tidak stabilnya koneksi internet dari sisi pelanggan, dan semua packet yang gagal dikirim dengan sempurna harus dikirim ulang sampai benar benar sempurna (itu memang prinsip komunikasi internet)

Bagaimana cara mengeceknya untuk pihak pengguna? kami belum menemukan cara simple untuk melakukannya, karena perlu kemampuan dalam membaca chart dan meng eksekusi command pada command prompt atau terminal apabila anda menggunakan MacOS.

Namun, apabila anda ingin mencoba, tidak ada salah nya anda coba ketikkan tracert -d google.com atau tracert -d 8.8.8.8 anda akan mendapatkan tampilan hasil trace route anda ke Google atau DNS Google. Untuk MacOS, gunakan perintah ini untuk memerika hasili test anda: traceroute 8.8.8.8 Apabila kesulitan dalam membacanya, silakan posting hasil screenshop apa yang anda dapat di komentar dibawah, kami akan coba membantu menterjemahkannya untuk anda.